Motherboard AMPTRON atau ITZR..???

Dulu.. di Computer Stuff (CS) kaskus.us ada kaskuser yang menanyakan update BIOS mobo Amptron P4M800 Pro, karena salah satu HDD dari 2 HDD-nya yang terpasang tidak terdeteksi di BIOS meskipun sudah melakukan Clear CMOS, mengubah jumper, mengganti kabel IDE/Sata, swap HDD, dan lain-lain. Kaskuser tersebut ingin meng-update BIOS mobo-nya, karena rasa penasarannya.

Kemudian saya coba bantu untuk mencarinya, akan tetapi hasilnya nihil. Namun saya mendapatkan informasi tentang motherboard AMPTRON yang merupakan produk buatan China.. :D

Sebelumnya saya sudah mengetahui sedikit informasi mengenai mobo AMPTRON ini..
Dulu teman saya memiliki motherboard AMPTRON karena di chipset nya ditempeli stiker AMPTRON, tetapi begitu saya lihat tipe motherboard di BIOS dan Windows dengan menggunakan software Everest Ultimate Edition (dulu namanya AIDA32). Aneh.. :D di BIOS & software EVEREST mengatakan bahwa mobo tersebut milik BIOSTAR.. :D BUT..si penjual toko mobo ini mengatakan bahwa mobo tersebut adalah mobo AMPTRON & begitu juga dengan pemilik mobo tersebut.

Namun saya tetap beranggapan bahwa mobo tersebut bermerek BIOSTAR & bertipe M7NCD (kalau tidak salah), karena di situs BIOSTAR nya pun dituliskan seperti itu mulai dari versi BIOS, tipe mobo, gambar mobo, driver, dan lain-lainnya merupakan milik dari motherboard BIOSTAR.

Perhatikan gambar di bawah ini..

Mobo Amptron P4M800 Pro
Amptron P4M800 Pro

Mobo ITZR
ITZR Mobo P4M800 Pro

Simpulan yang saya dapatkan dari informasi di atas yakni mobo Amptron P4M800 Pro adalah produk CHINA & bukan dari Indonesia. Sepertinya mobo AMPTRON hanya sebagai merk dagang untuk dijual di Indonesia & sepertinya mereka merger dengan perusahaan motherboard di China.

Terlihat pada gambar mobo ITZR di atas ada tulisan Amptron di belakang chipset mobo tersebut, sedangkan pada gambar Amptron tidak ada. Membingungkan bukan.. ?
Hal ini juga saya dapatkan ketika mencari BIOS mobo dari APLUS (VIA P4M266A) & ternyata bukan dari APLUS juga. Hmm.. ternyata mobo AMPTRON & APLUS jadi membingungkan saya.

DRIVER Amptron P4M800 Pro untuk Windows XP/Vista/7 (32/64-Bit)

=======================================

Pertanyaan & Jawaban tentang Motherboard Amptron bisa dibaca secara lengkap di Blog-nya Mas Yohan:

http://www.yohan-enterprise.com/hardware/motherboard/38-amptron-ddr2-ada-apa-denganmu-

=======================================

~ by gochinboy on Tuesday, 17 June 2008.

25 Responses to “Motherboard AMPTRON atau ITZR..???”

  1. terima kasih banget infonya, tadinya aku pakai mobo biostar p4i45D, karena rusak, aku beli mobo yang ada di pasaran tipe p4m266L. Ternyata dengan prosessor 2,4 fsb 533 gak cocok kali ya.., abis sering hang. Aku coba dengan prosessor 1.8 fsb 400, jalan mulus.

  2. Sama-sama saudara @roedi.. :)

    Ada sekedar tips & saran saja dari saya..
    kalau kita ingin atau sudah membeli produk komputer yang ada di pasaran.. sebaiknya segera mencari informasi-informasi terkait dari internet, supaya kita mendapatkan kejelasan informasi yang nantinya bisa dibutuhkan suatu saat..

    GoodLuck.. :)

  3. Thanks atas Info Drivernya disini saya baru install ulang XP di komputer saudara eh VGA masih pake generic drivernya trus audio nya bingung .Akhirnya cari ajah di google merk amptron

  4. nambah masukan boleh ya..
    mobo amptron memang dari cina, ga compatible pake prosesor p4-2.4-512-533 kalo prosesor lainnya bisa, cuma power supply juga harus yg bagusan untuk bisa nyala stabil. tempat servisnya di harco mangga dua di venus computer, tempatnya venus modem juga.

  5. @Budhi

    Boleh ko mas budhi.. kita saling share info disini..

    Terima kasih atas infonya mas budhi.. :)

  6. So,ngiringan yeuh(ikutan) komentar mobo AMPTRON
    saya baru tgl,15 Nop’08 menggunakan mobo amptron lengkap dengan buku manualnya tapi tidak ada asal negara produsen dan CD Driver, upgrade dari asus P4 socket 478 dengan procecor intel 3.0 Gh rincian speknya :
    - Mobo ZX-I945LM4 chipset Intel 945GC+82801GB(ICH7)/VGA Share 128 MB,Proc.intel P4(nothwood)socket478CPU,PS 450 W,Cas ATX,DVDRW Asus SATA,CD Room,Winds XP2,HDD 40G(2partisi),Cas ATX and lainnya.
    biasanya saya kalau beli rakitan komputer selalu di test min.6-12 jam non stop hang atau tidak kebetulan telah saya test paket tersebut sejak tanggal pembelian selama 12 jam setelah itu saya matikan kemudian baru penggunaan normal biasa diatas 3 jam setiap harinya kecuali hari libur bisa 6-12 jam dan sampai saat ini tgl 20-11-2008 belum hang, untuk gambaran tersebut mungkin ada masukan dari temen-temen yang punya pengalaman lainnya tolong berikan ke Saya, thank’s,aadarul.

  7. @darul

    Terima kasih (Hatur nuhun) Infonya.. :)

    Siapa So? Saha So? Nama sy bukan So!

    Mengapa ko upgrade ke mobo Amptron.. Apa tidak ada mobo lain.

    Coba 3 bulan gk dimatiin pk maen game OL.. kuat gak.. hehehe (bcanda mode = on) :D

  8. Letak Konektor Power Supply aneh deh (deket procie) :) biasanya di deket konektor RAM apa prodak Amptron emang gitu yah?

  9. @Supri

    Rata2 memang begitu bro.. Tapi kalau beda merk & tipe pasti beda2 letaknya.

    BTW.. barusan sy buka situs Amptron : http://amptronindo.com/ ko jadi BLANK.. Aneh deh.. :) Tak tau kenapa.. Mungkin lg perbaikan atau udah OFF ya..

  10. mather board amptron baru model 945LM4, processor socket 478,DDR II PC5300, kenapa tidak ada signal?????????
    kasi solusi dong

  11. apa seh kekurangan dari mobo amptron 945lm4 . . . ?
    tolong jawabannya ya mas . . .!!!!! thankx

  12. @imong

    Blank screen bos..?

    Menurut saya mungkin penyebabnya bisa dari processor/memory/motherboard.
    Kalau memakai VGA Card, coba di tes di motherboard lain.

    Untuk processor, coba lihat komentar @Budhi di atas.

    Supaya lebih jelas, coba anda masuk ke forum KASKUS – COMPUTER STUFF
    Terutama di bagian HARDWARE.. disitu banyak yang menanyakan masalah komputer, salah satunya gejala BLANK SCREEN pada komputer.

  13. @ichal

    Kekurangan mobo Amptron 945LM4, untuk lebih jelasnya mungkin anda harus menanyakan kepada teman atau kerabat yang sudah pernah memakai mobo tersebut, atau anda harus mencobanya sendiri karena saya belum pernah memakai mobo Amptron 945LM4.

    Bila anda berniat membeli tapi ragu-ragu?
    Saran saya beli motherboard yang vendor-nya jelas & memiliki dukungan produk (homepage, Driver, BIOS, USER’S MANUAL, GARANSI), seperti ECS, PCCHIPS, BIOSTAR, JETWAY, ASROCK dsb.

    Di bawah ini ada beberapa komentar & informasi mengenai motherboard Amptron. Silahkan ambil sendiri simpulannya:

    - Lihat komentar @zevry & @rizki : https://gochinboy.wordpress.com/driver-pclaptop/motherboard-amptron/

    ZX-I945LM4
    ————–
    http://www.koloe.com/english
    http://sairship.en.ietrade.com.cn/product_view/203882373/motherboard_945G(478socket)_ZX-I945LM4_R1.1.html

    945LM4
    ———
    http://www.szbct.com/EnProductShow.asp?ID=195
    http://www.made-in-china.com/showroom/sz-bct/product-detailTblneIrjazWU/China-Motherboard-945LM4-.html

    P4M800 Pro
    ————–
    http://www.itzr.com.cn/en/article.php?cid=1007001003012
    http://www.zillion-tech.com/English/Download/ZL-M8V849PRO.htm

    - Komentar tentang motherboard AMPTRON:
    http://img218.imageshack.us/img218/9700/amptron2yr5.jpg
    http://img22.imagevenue.com/img.php?image=55926_AMPTRON-3_122_752lo.jpg
    http://img81.imageshack.us/img81/6640/mycommentvw2.jpg
    http://usa.kaskus.us/showthread.php?t=1132409
    http://kaskus.us/showthread.php?p=33321110
    http://www.harid.web.id/index.php?option=com_content&task=view&id=72&Itemid=26
    http://goenz.web.id/?p=19

    Goodluck.. :)

  14. apa di harco mangga2 bnyak yg mnjual mobo amptron p4m890??

    selain mobo amptron ada ga’ mobo yg spesifikasinya sma dg mobo amptron??

    saya pngguna p4 2.4 ghz (northwood), mobo saya ketika saya pasang pci usb knapa ko welcome screennya munculnya lama amat??
    apa pngaruh dri psu-nya??
    ============================
    @arhul

    Saya kurang tau mobo amptron p4m890 di harco, karena saya bertempat tinggal bukan di Jakarta. Coba tanya om @windows_hang@yahoo.com, kayanya dia kerja atau pemilik salah satu toko di harco.

    Kalau mau lihat2 harga komputer di Jakarta, coba masuk ke sini:
    http://www.rakitan.com
    http://www.viraindo.com

    Selain mobo amptron bisa pake mobo dari WINSONIC INTEL 915G atau MSI spt MSI 945GT Speedster-A4V untuk socket 478.
    Lihat disini -> http://www.viraindo.com/pc1.html

    Kalau welcome screen atau startup windows lama coba di cek terlebih dahulu startup-nya pakai CCLeaner & lihat bagian startup, kalau ada file2 yang tidak penting bekerja pada saat loading windows seperti quicktime atau lain2. Bisa juga lihat cara-caranya di search engine google.

    Pengaruh dari PSU atau tidak.. bisa dilakukan dengan cara men-test pada komputer atau mobo lain. Kalau sama.. berarti PCI USB-nya bermasalah. Kalau tidak.. mungkin PSU atau Mobo-nya bermasalah.

    Goodluck.. :)

  15. mas… mo nanya dunk…saya baru ganti mobo amptron P4M800-L untuk socket 478.. setelah saya coba install xp, proses installnya hang… mohon info nya..

    berikut spesifikasi komp saya:
    prosesor celeron 1,8 ghz
    memori chipset hynix 256mb pc 3200
    hardisk seagate 40 gb

    saya sudah coba ganti/tes memori & PSU yang lain plus setting bus nya saya turunin tetep aja gak bisa….

    tolong infonya mas…tks
    ==================================
    @iqbal

    Saran saya.. kalau mas Iqbal tidak mau mengambil resiko, lebih baik mas Iqbal menghubungi toko atau tempat mas Iqbal membeli motherboard tersebut.

    Berikut adalah cara-cara yang mungkin dapat dilakukan:
    ==================================================
    - CLEAR CMOS untuk default setting BIOS & setting ulang konfigurasi BIOS.
    - Cek suhu atau temperatur Processor & Motherboard, termasuk di BIOS juga.
    - Buka-pasang processor, cek thermal paste (pasta) & lakukan CLEAR CMOS.
    - Cek kualitas kabel data & kabel power (Bila memakai kabel ATA-100/133, hindari kabel data yg berwarna kuning & tipis, gunakan kabel data ATA-100/133 yg berwarna abu2 & tebal)
    - Mempartisi kembali hardisk dengan menggunakan program yang ada di Hiren’s Boot CD.
    - Tes memory dengan menggunakan program Memtest86+ di Hiren’s Boot CD.
    - Tes dengan processor lain.
    - Tes dengan motherboard lain.
    - Update BIOS, sesuai dengan BIOS code (cari di google).
    Lihat di halaman:
    https://gochinboy.wordpress.com/2008/07/13/langkah-langkah-mencari-driver-atau-tipe-motherboard-pc/

    Do at your own risk :)
    ==================================================

  16. gw jg punya MObo Amptron p4M800 pro persis ama yang di gambar, awalnya nggak yakin , tapi karna disini(kalimantan) udah sulit nyari mobo socket 478, terpaksa deh beli tuh mobo. tuh mobo(sory y, bukan maksute nge-jelek2in!) emang rada nggak stabil, udah dikucik2, tuning sana tuning sini, tetep aja sering hang, kinerja nggak optimal, bentar2 data corrupt (ga jelas apa sebabnya) padahal, modulnya udah DDR2, jauh sama mobo gw yg dulu nyang kluaran intel, berchipset 845ge…
    ====================
    @chachinks

    Tengkyu Informasinya… :)

  17. Bantuin dong aku kebetulan makai Mobo ZX-I945LM4 chipset Intel 945GC, aku pakai proc intel pentium 1,9 ghz terdeteksi 2,1 ghz dan hadd maxtor 40 gb terdeteksi 52,7 gb, plees bantuan
    =====================
    @Rozyi05

    Baru kali ini saya temuin kasus seperti itu. ;)

    Saran saya hubungi toko atau tempat yang menjual motherboard tersebut. Mungkin ada pengaruh dari BIOS/PSU/MOBO nya..

  18. Bantuin gimana cara pasang kabel front cable panel,krn dimotherboardx tidak ada keterangan,sy bingung posisi pasangnya.thanks
    ======================
    @Adi

    Buku manual motherboardnya memang tidak ada?
    Lihat di buku manual buat cara pasangnya.

  19. Aku Mau tanya dong… Aku beli RAM 1GB DDR2 PC 1300, kira – kira bisa di pakai gak ya di mobo AMPTRON P4M800. Karena sekarang ini saya pakai DDR1 512MB (2x256MB). Tolong infonya ya…

  20. bos,minta bantuan neh! gmn cara pasang panel connector di mobo amptron P4M266A , Cuz buku manualnya gk ada, ane bli second mobonya,thx. email : achmadi3@yahoo.com

  21. @sapto
    kalo saya pake 2gb (2x1gb) pc 4200..
    tapi ada kendala nih, koq perfomnya biasa2 aja ya gan :D
    =============================================
    @sirdoyle

    Yup.. begitulah.. :D

  22. @TS
    kira2 tipe P4M800 ada bios terbaru ga?
    =============================
    @sirdoyle

    Puyeng nyarinya gan.. Mesti lihat kode BIOS & Modding BIOS dengan BIOS mobo lain..
    Tapi itu juga untung2an.. :D

  23. Bro, aq mo upgrade mobo pake amptron yg udah support ram ddr2 ne, ada yg bs bantu g?
    Proc p4 2,4 Ghz Prescot 512-533.

    Thanks 4 all…………..

  24. hallo mas bole tanya gak..?
    aq pake mobo P4M800, aq ada rencana mau tambah VGA card , soalnya VGA bawaanya kecil bgt jadi gak bisa buat game yg agak berat..saya minta solusinya,VGA yg cocok untuk amtron P4M800 itu yg tipe apa…? dan maksimalnya berapa mega VGAnya..thanks sebelumnya

  25. [...] Read about this Mainboard [...]

Comments are closed.

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers

